Categories
makanan My Blog

Jenis Sambal Di Indonesia

Jenis Sambal Di Indonesia – Bagi pecinta rasa pedas, setiap kali akan makan jika tidak ada sambal kadang bakal terasa hambar seperti ada yang kurang. Dari Sabang sampai Merauke semua suku di tanah air rata – rata sangat menyukai sambal, dengan adanya nya sajian ini dalam menu makanan kita pastinya bakal lebih lahap. Tapi hati – hati juga ya, kalau mengkonsumsi dengan jumlah berlebih bakal berbahaya buat kesehatan & perut bisa sakit.

Kami menyediakan aneka ragam sambal tanah air nusantara Indoesia yang banyak pada postingan kali ini. Jenis – jenis disini dijamin bisa membuat lidah sobat bergoyang, bahan pelengkap makanan yg selalu ada disetiap rumah makan. Yuk langsung saja kita lanjut pada pembahasan inti topik kali ini.

Jenis Sambal Di Indonesia Yang Mengoyang Lidah

  • Matah

Jenis samabal asli buatan dari Bali ini sangat banyak disukai banyak orang, Matah sendiri sangat mudah untuk dibuat. Cukup bermodalkan bahan bumbu seperti cabai rawit, bawang merah, serai, daun jeruk, air jeruk asam, garam dan nan menjadi ciri khasnya adalah minyak goreng.

sambal matah bali

Sambal ini sendiri tidak dimasak, namun cukup menggabungkan semua bahan diatas setelah diiris kecil -kecil lalu diaduk merata.

  • Tempoyak

Sambal Tempoyak

Sebuah fermentasi yang diolah dari daging buah durian pilihan, setelah 1 minggu hasil olahan ini dicampur dengan sambal yang telah digiling lalu ditumis. Tingkat kepedasan rasanya masih sedang, karena kamu bisa merasakan manisan yang bersal dari durian tersebut, aroma sambal ini sangat harum sehingga membuat anda ingin cepat – cepat menggambil nasi untuk menyamtapnya.

  • Sambal Kecap

Sambal Kecap

Semua bahan yg masih sangat segar seperti cabe rawit, tomat, dan bawang merah, dicampur pada tuangan kuah kecap manis atau asin. Paling pas disantap ketika jam makan siang, kamu akan merasa segar setelah selesai menikmati hidangan dengan sambal kecap tersebut.

  • Dabu – Dabu

Sambal Dabu - Dabu

Orang Manado juga memiliki sebuah sajian sambal andalan yang enak, Dabu – Dabu disajikan dalam banyak hidangan bersama nasi dan biasanya cocok untuk menu ikan segar. Bahannya yaitu cabe rawit, cabe merah, cabe hijau, tomat, bawang, kemangi, air jeruk asam, dan garam. Jika dilihat sekilas mirip dengan sambal Matah, namun jika diperhatikan secara benar memang berbeda.

  • Sambal Ijo

Sambal Ijo

Suku Minang / orang Padang memang terkenal banyak  kumpulan hidangan makanan enak, salah satunya adalah Sambal Ijo yang telah banyak dikenal & disukai orang. Bahan nya tidak banyak, hanya cabe rawit hijau dan bawang merah digiling hingga lunak, Setelah itu dutumis sebentar hingga aroma wanginya pedasnya tercium, sangat nikmat kalau sedang ada menu lauk bersantan.